Bagaimana cara merawat kulit penderita psoriasis

Penyakit psoriasis mungkin terdengar seperti penyakit langka yang belum diketahui banyak orang. Namun jika anda mendengar penyakit bersisik, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan penyakit yang satu ini. Ya, penyakit bersisik atau yang dalam bahasa kedokteran dikenal dengan Psoriasis ini merupakan penyakit radang yang terjadi pada kulit. Secara umum, manusia memang mengalami siklus pergantian kulit yang biasa terjadi setiap 28 hari atau sebulan sekali. Hanya saja pada penderita psoriasis, proses pergantian kulit ini dipercepat antara 3 hingga 4 hari sekali.

Penyebab yang dapat menimbulkan psoriasis

penyakit-psoriasisPada saat ini belum ada yang dapat menyimpulkan apa penyebab timbulnya psoriasis, maka dari itu belum ditemukannya pula obat yang dapat sembuhkan psoriasis secara tuntas. Hanya saja terdapat obat yang digunakan untuk mengurangi rasa gatal dan perih pada kulitnya saja.

Tetapi banyak juga para ahli penelitian mengungkap bahwa penyebab psiorasis, penyakit kulit gatal dan berkerak berhubungan dengan gangguan pada sistem kekebalan tubuh, stress, mengkonsumsi obat menimbulkan psoriasis, dll. Dalam hal ini, diduga sistem, imun justru merusak dan menyerang jaringan tubuh sendiri terutama jaringan kulit sehingga timbulah penyakit psoriasis. Selain penyebab tersebut, penyakit ini juga bisa disebabkan karena faktor lingkungan. Misalnya gaya hidup yang tidak sehat dan konsumsi alkohol terlalu sering. Demikian juga dengan tingkat stres yang tinggi akan memicu timbulnya penyakit psoriasis.

Gejala yang tibul pada penderita psoriasis

  • Bila digaruk akan terasa panas
  • Terdapat ercak-bercak merah dan sangat gatal
  • Terdapat kulit yang menyerupai sisik dan jika dicabut akan mengakibatkan pendarahan
  • Pada awalnya bintik-bintik kecil merah secara terpisah tetapi lama kelamaan akan menyatu dan semakin besar

Tips untuk perawatan kulit psoriasis

  1. Kunyit

Untuk perawatan kulit psoriasis bisa menggunakan kunyit yang diparud atau dihaluskan kemudian campur dengan sebagian air dan oleskan ke bagian kulit psoriasis diamkan semalam. Esoknya, bilas dengan air hangat.

2. Lidah buaya

Kita sudah banyak mengetahui manfaat dari lidah bagi kesehatan tubuh. Begitupun dengan kulit yang mengalami psoriasis. Lidah buaya mengandung khasiat sebagai anti inflamasi yang sangat berguna untuk mengurangi peradangan pada kulit. Caranya ambil bagian daging lidah buaya (gel lidah buaya) dengan cara oleskan ke bagian luka psoriasis secara rutin sehari 3x. Setelah menggunakan gel lidah buaya tidak usah dibilas lagi dengan air, karena supaya getah dari lidah buaya bisa menyerap ke dalam kulit psoriasis.

3. Bawang putih

Cara alami lainnya untuk merawat kulit psoriasis yaitu dengan bawang putih mentah dengan campuran lidah buaya. Cara pembuatannya cukup mudah, cukup dengan haluskan bawang putih dan lidah buaya secara bersamaan dan oleskan ke bagian luka psoriasis diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air.

4. Mandi air garam

Bagi anda yang mengalami kulit psoriasis jika hendak mandi gunakan air garam. Apabila terdapat bak mandi bisa diisi air yang dicampurkan dengan  2 gelas garam ke dalamnya. Kemudian aduk hinggak merata sampai garamnya benar-benar larut. Setelah itu anda bisa berendam selama 20 menit setelah selesai bilas dengan air hangat.

5. Cuka apel

Selain perawatan eksternal, terdapat juga perawatan dari dalam atau internal yang dapat mengobati kulit psoriasis anda yaitu dengan cuka apel. Caranya siapkan cuka dan 1 sendok ekstrak apel organik, kemudian campurkan kedua bahan tersebut dan aduk hingga merata setelah itu secara rutin maksimal 2 kali sehari.

Itulah tips cara mengobati psoriasis secara alami yang dikenal efektif namun terhitung mudah dilakukan dalam keseharian. Karena psoriasis sendiri merupakan kondisi kulit kering yang dikarenakan radang dan infeksi, maka cara penyembuhannya pun akan cenderung melembabkan bagian kulit yang terkena psoriasis tersebut. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *