Bahaya minum air es saat menstruasi

Hai sobat selamat datang di artikel kesehatan ini, sekarang saya akan membahas tentang bahaya minum es pada saat menstruasi. Wow ternyata bahaya juga ya kalau kita minum es pada saat sedang haid.

Pada siang hari lagi panas panasnya cuaca pasti inginnya minum yang seger-seger seperti jus yang ditambah es.  Sobat tahu gak, bahwa kalau kita minum es pada kondisi tubuh sedang panas atau gerah jangan sekali kali minum air es, karena akan menyebabkan berbagai macam penyakit. Gak percaya? Yuk simak penjelasan berikut!!

Benarkah-Minum-Air-Es-Saat-Menstruasi-dapat-menyebabkan-Kista1

Akibat yang akan dirasakan setelah meminum air es ketika haid

 1. Menghentikan kontraksi rahim
Saat wanita sedang menstruasi, rahim akan terus melakukan gerakan kontraksi untuk melepaskan semua darah dari dinding rahim. Sedangkan es yang diminum saat menstruasi dapat menghentikan kontraksi rahim tersebut sehingga rahim pun tidak bekerja. Ketika rahim tidak bekerja, darah akan terus membeku dalam rahim dan pendarahan akan berhenti lebih cepat namun tidak bersih.

2. Meningkatkan potensi kram
Kram yang sering terjadi di bagian perut bawah saat menstruasi adalah reaksi yang normal karena rahim sedang melakukan kontraksi yang sangat kuat untuk meluruhkan semua darah. Namun, minum es akan membuat gerakan rahim lebih cepat berhenti dan semua bagian darah di rahim tidak bisa keluar. Jika hal ini terus terjadi, maka rasa kram akan lebih sakit dan sering muncul pada periode selanjutnya, karena rahim harus bekerja semakin kuat untuk membersihkan darah yang sudah terlanjur membeku.

3. Menyebabkan peradangan
Es bisa menyebabkan meningkatnya proses pelepasan prostaglandin. Jika prosraglandin yang keluar terlalu banyak, maka peradangan dan kram akan menjadi lebih parah. Selain es, minuman yang mengandung susu juga bisa meningkatkan serangan kram yang lebih parah.

4. Berpotensi tubuh menjadi lebih gemuk
Minum es saat menstruasi akan menyebabkan penumpukan lemak parah di bagian perut. Pasalnya, es yang mempunyai suhu dingin akan memperlambat proses metabolisme.

5. Dapat menyebabkan resiko tulang rapuh
Minum es saat menstruasi bisa menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Wanita membutuhkan kalsium dengan jumlah minimal 800 miligram per hari, dan jumlah tersebut tidak bisa dipenuhi jika terlalu banyak minum es. Penyerapan kalsium yang rendah saat menstruasi juga sering menyebabkan nyeri haid dan kram yang parah. Selain itu, tubuh yang tidak mampu menyerap kalsium sesuai kebutuhan juga akan menimbulkan resiko penyakit tulang rapuh.

6. Mengakibatkan pusing
Banyak orang menyangka pusing cuma disebabkan kurang darah, tetapi sedikit yang tahu bahwa hal itu bisa diakibatkan oleh bahaya minum air es. Saat metabolisme badan terganggu, sistem syaraf pusat juga tak siap terima respon perubahan suhu dalam waktu cepat. Organ-organ badan yang tengah membutuhkan oksigen serta zat utama yang lain secara cepat berkurang suplainya.

Adapun makanan yang harus anda konsumsi disaat sedang haid

Banyak makan yang harus dikonsumsi oleh wanita ketika sedang haid supaya nutisi di dalam tubuh tetap ada, diantaranya sebagai berikut:

1.Sayuran hijau

sayuran-hijauSayuran hijau sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang menstruasi karena terdapat zat besi yang sangat tinggi.

2.Buah buahan

Apel PisangBuah-buahan sangat membantu untuk memperlancar keluarnya darah haid, dan yang paling bagus untuk wanita yang sedang haid adalah buah Semangka, karena bisa membantu memperlancar aliran darah dan mengurangi kram pada perut. Selain itu, pisang juga bisa menjadi pilihan untuk membantu meningkatkan suasana hati.

3.Kacang-kacangan

kacangKacang-kacangan sangat baik untuk tubuh karena kaya akan zat besi. Sudah kita ketahui bahwa zat besi sangat diperlukan tubuh untuk membuat seseorang jadi lebih berenergi. Selain itu, kacang-kacangan juga baik untuk mengembalikan keseimbangan tubuh.

4.Ikan salmon dan tuna

tuna-vs-salmon-1024x400Kedua jenis ikan tersebut sangat baik untuk dikonsumsi, terlebih disaat sedang haid. Hal tersebut dikarenakan ikan salmon dan tuna memiliki banyak asam lemak omega 3 yang bagus untuk relaksasi otot dalam tubuh. Dengan begitu emosi Anda akan stabil saat sedang haid.

5.Daging merah

dagingDaging merah juga mengandung banyak zat besi yang diperlukan tubuh saat sedang haid. Mengonsumsi daging merah bersama dengan salad bisa membantu meningkatkan energi dan mengatur aliran menstruasi.

6.Coklat

cocoaCoklat banyak mengandung magnesium sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi pada anda yang sedang haid.

Adapun hal-hal yang harus dihindari ketika haid

  • Olahraga

Seorang perempuan yang sedang menstruasi dan melakukan olahraga dikhawatirkan akan mengalami pendarahan berat. Memang tidak semua olahraga akan menyebabkan hal tersebut, tapi sebaiknya sesuaikan olahraga yang dipilih dengan kondisi tubuh. Perempuan dengan kondisi tertentu bisa jadi akan mengalami perdarahan berat ketika memaksakan diri olahraga saat haid.

  • Berhubungan seksual

Hubungan seksual yang dilakukan ketika perempuan sedang menstruasi secara tegas dilarang dalam ajaran agama islam. Namun terlepas dari itu, secara medis pun berhubungan intim di kala perempuan sedang haid tidak disarankan karena akan menyebabkan resiko bagi wanita yang sedang haid.

  • Berenang

Secara teori, pembuluh darah yang membuka dapat mengecil ketika kontak dengan air. Contoh yang gampang adalah seringkali anak yang jatuh dan terluka dikompres dengan batu es untuk menghentikan perdarahannya. Bedanya, walau darah yang dikeluarkan saat menstruasi hanya sekitar 30 cc, tapi kontak dengan air tidak akan menyebabkan darah tersebut terhenti.

  • Terbelenggu mitos

Larangan memotong rambut, menggunting kuku, dan keramas selama haid tidak memiliki penjelasan secara medis. Khususnya larangan keramas, menurut saya jelas tidak tepat. Apalagi perempuan yang sedang menstruasi justru harus menjaga kebersihan anggota tubuhnya. Intinya, bila ada mitos-mitos yang dirasa tidak masuk akal, sebaiknya jangan dituruti.

Itulah artikel tentang bahaya jika minum es pada saat mestruasi dan dan berbagai macam makanan dan hal hal yang harus diperhatikan.

Terimakasih telah membaca artikel ini sampai akhir, sampai jumpa pada artikel kesehatan selanjutnya.