Dampak buruk yang di timbulkan dari asap rokok

imagesDampak buruk dari asap rokok sangatlah banyak, tidak ada sedikitpun manfaat yang dapat kita ambil dari rokok. Mungkin kita sudah banyak mendengar bahaya dari merokok bagi kesehatan manusia, karena sebenaranya bahaya rokok sudah banyak kita jumpai diberbagai media perihal tentang peringatan tentang bahaya merokok bahkan dikemasannya juga sudah tercantum peringatan bahaya tentang merokok. Tapi anehnya kenapa masih banyak orang yang merokok padahal dikemasannya juga sudah terpampang jelas bahaya yang akan ditimbulkan.

Yang jelas apapun alasannya kita harus menghindari rokok sejak dini, sebab efek dari asap rokok tersebutlah yang dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari yang ringan hingga yang berat yang bisa membawa kita kepada kematian. Bahaya dari asap rokok sebenarnya bukan hanya untuk perokok aktif saja, tetapi bagi perokok pasif juga akan merasakan dampak negatif dari asap roko tersebut. Bahkan akan lebih parah bagi perokok pasif dibanding dengan perokok aktif.

Baca juga : Cara menghilangkan lendir paru-paru akibat merokok

Inilah dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh asap rokok

rokok(1). Sistem pernafasan terganggu

Dampak buruk dari asap roko yang pertama yaitu sistem pernafasan akan tergnaggu. Mengapa? Karena dari asap rokok yang sering terhirup mengandung seribu racun berbahaya. Jika lama kelamaan akan menimbulkan rasa sesak pada bagian dada dan dapat memicu batuk. Bagi perokok pasif Jika sering menghirup asap rokok akan menimbulkan penyakit asma. Penelitian sudah membuktikan dari jutaan orang yang mengidap asma dikarenakan sering menghirup asap rokok (perokok pasif).

(2). Penyempitan pembuluh darah

Paparan dari asap rokok yang terhirup dalam jangka waktu yang pendek dapat menurunkan trombosit darah serta menurunkan fungsi kerja jantung untuk menerima dan memproses oksigen. Untuk jangka waktu yang lama akan mengakibatkan penumpukan flak pada darah sehingga darah akan lengket dan menggumpal. Jika sudah demikian, darah yang menggumpal akan bercampur dengan lemak yang ada di pembuluh darah dan mengkibatkan serangan jantung, stroke dan kematian mendadak.

(3) Daya tahan tubuh menurun

Bagi yang tidak merokok atau perokok pasif jika keseringan menghirup paparan asap rokok dapat menurunkan daya tahan tubuh. Karena sebenarnya perokok pasif lebih rentan berbahaya dibandingkan dengan perokok aktif. Anda akan sering mengalami demam, flu/filek, dan batuk. Maka dari itu segeralah hindari asap rokok sejak dini.

(4). Menimbulkan meningitis pada anak

Asap rokok sungguh sangat membahayakan semua orang apalagi anak-anak. Bagi anak-anak asap rokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Penyakit ini kadang-kadang dapat menyebabkan meningitis, keracunan darah, kematian atau cacat. Para peneliti menemukan fakta bahwa anak-anak yang terpapar asap rokok memiliki risiko dua kali untuk terserang penyakit akibat bakteri ini.

(5). Bahaya bagi ibu hamil 

Ibu hamil yang perokok aktif maupun perokok pasif akan menimbulkan dampak bahaya yang serius bagi kondisi ibu dan janin di dalam kandungan. Beberapa dampak buruk yang ditimbulkan dari asap rokok bagi ibu hamil yaitu resiko keguguran, bayi yang dilahirkan prematur, kematian mendadak dan beresiko komplikasi pada masa kehamilan dan juga setelah melahirkan.

(6). Menimbulkan kecanduan

Perokok pasif kemungkinan besar akan menjadi perokok aktif juga. Karena di dalam rokok terdapat bahan yang dapat membuat orang akan merasa ketagihan. Para perokok merasakan bahwa efek tersebut terasa nikmat dan menyenangkan. Hal ini juga secara enggak langsung juga akan dirasakan oleh para perokok pasif.

Nah, sudah tahu kan bahaya yang diakibatkan oleh asap rokok baik yang secara sengaja maupun tidak sengaja dihirup oleh orang lain? Apakah kamu termasuk perokok pasif? JIka iya, segera ambil tindakan tegas dan jauhi asap rokok yang berbahaya ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *