Perokok pasif lebih berbahaya apabila di bandingkan dengan perokok aktif

Pada artikel  kali ini saya akan membagikan mengenai fakta yang mengejutkan tentang perokok pasif lebih berbahaya dibandingkan perokok aktif. Kita semua tahu bahwa merokok itu adalah salah satu penyebab kematian yang memakan korban para perokok di dunia. Namun perlu Anda ketahui juga bahwa resiko kematian yang diakibatkan rokok ternyata tidak hanya dialami oleh para perokok aktif saja yakni mereka yang merokok, melainkan bahkan bahaya bagi seorang perokok pasif akan jauh lebih berisiko hingga 3 kali lipat daripada perokok aktif.

Mengapa perokok pasif lebih berbahaya?

ibu-perokokRokok merupakan benda yang sudah tak asing lagi bagi kita. Rokok sudah menjadi kebiasaan yang sangat umum dan meluas di masyarakat. Bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh telah diteliti dan dibuktikan banyak orang. Efek-efek yang merugikan akibat merokok pun sudah diketahui dengan jelas.

Sebetulnya apa saja yang terkandung dalam asap sebatang rokok yang dihisap? Tidak kurang dari 4000 zat kimia beracun. Zat kimia yang dikeluarkan ini terdiri dari komponen gas 85% dan partikel. Nikotin, gas karbonmonoksida, nitrogen oksida, hidrogen sianida, amoniak, akrolein, asetilen, benzaldehid, urethan, benzen, methanol, kumarin, 4-etilkatekol, ortokresol dan perylene adalah sebagian dari beribu-ribu zat di dalam rokok.

matikanrokokmuKomponen asap rokok adalah karbonmonoksida, amoniak, asam hidrosianat, nitrogen oksida dan formaldehid. Partikelnya berupa tar, indol, nikotin, karbarzol dan kresol. Zat-zat ini beracun, mengiritasi dan menimbulkan kanker (karsinogen).

Banyak penelitian membuktikan kebiasaan merokok meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit seperti:

  1. stop-merokok211_thumbmediumKanker paru paru
  2. Kanker Payudara
  3. Kanker mulut
  4. Kanker kerongkongan
  5. Kanker serviks
  6. Kanker usus
  7. Kanker Ginjal
  8. Kanker tengorokan
  9. Serangan Jantung
  10. Aterosklerosis
  11. Penyakit paru obstruktif kronik
  12. Penyakit jantung koroner
  13. Impotensi
  14. Diabetes
  15. Gangguan janin
  16. Gangguan pernapasan

Inilah risiko perokok pasif jika menghirup paparan asap rokok

bahaya-rokok-300x225

  • Sistem pernafasan terganggu

Dampak buruk dari asap roko yang pertama yaitu sistem pernafasan akan tergnaggu. Mengapa? Karena dari asap rokok yang sering terhirup mengandung seribu racun berbahaya. Jika lama kelamaan akan menimbulkan rasa sesak pada bagian dada dan dapat memicu batuk. Bagi perokok pasif Jika sering menghirup asap rokok akan menimbulkan penyakit asma. Penelitian sudah membuktikan dari jutaan orang yang mengidap asma dikarenakan sering menghirup asap rokok (perokok pasif).

  • Penyempitan pembuluh darah

Paparan dari asap rokok yang terhirup dalam jangka waktu yang pendek dapat menurunkan trombosit darah serta menurunkan fungsi kerja jantung untuk menerima dan memproses oksigen. Untuk jangka waktu yang lama akan mengakibatkan penumpukan flak pada darah sehingga darah akan lengket dan menggumpal. Jika sudah demikian, darah yang menggumpal akan bercampur dengan lemak yang ada di pembuluh darah dan mengkibatkan serangan jantung, stroke dan kematian mendadak.

  • Daya tahan tubuh menurun

Bagi yang tidak merokok atau perokok pasif jika keseringan menghirup paparan asap rokok dapat menurunkan daya tahan tubuh. Karena sebenarnya perokok pasif lebih rentan berbahaya dibandingkan dengan perokok aktif. Anda akan sering mengalami demam, flu/filek, dan batuk. Maka dari itu segeralah hindari asap rokok sejak dini.

  • Menimbulkan meningitis pada anak

Asap rokok sungguh sangat membahayakan semua orang apalagi anak-anak. Bagi anak-anak asap rokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Penyakit ini kadang-kadang dapat menyebabkan meningitis, keracunan darah, kematian atau cacat. Para peneliti menemukan fakta bahwa anak-anak yang terpapar asap rokok memiliki risiko dua kali untuk terserang penyakit akibat bakteri ini.

  • Bahaya bagi ibu hamil 

Ibu hamil yang perokok aktif maupun perokok pasif akan menimbulkan dampak bahaya yang serius bagi kondisi ibu dan janin di dalam kandungan. Beberapa dampak buruk yang ditimbulkan dari asap rokok bagi ibu hamil yaitu resiko keguguran, bayi yang dilahirkan prematur, kematian mendadak dan beresiko komplikasi pada masa kehamilan dan juga setelah melahirkan.

  • Menimbulkan kecanduan

Perokok pasif kemungkinan besar akan menjadi perokok aktif juga. Karena di dalam rokok terdapat bahan yang dapat membuat orang akan merasa ketagihan. Para perokok merasakan bahwa efek tersebut terasa nikmat dan menyenangkan. Hal ini juga secara enggak langsung juga akan dirasakan oleh para perokok pasif.

Seperti itulah bahaya rokok bagi kesehatan anda, ternyata banyak sekali penyakit yang bisa disebabkan dari bahaya rokok. Bagi anda yang tidak merokok jangan sekali-kali anda mencoba iseng-iseng merokok karena kalau sudah ketagihan akan susah sekali menghindarinya. Dan bagi anda yang ingin berhenti merokok maka bulatkan tekad anda untuk menjauhi rokok, kalau dengan niat yang kuat dan penuh kesabaran maka cepat atau lambat anda akan bisa berhenti untuk merokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *